Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Lengkap Wiring Diagram

Wiring Diagram

Wiring diagram adalah suatu skema yang menjelaskan tentang hubungan antara satu komponen dengan komponen lainnya secara detail. Jadi diagram ini akan menghubungkan semua komponen pada rangkaian instalasi listrik tertentu. 

Wiring diagram ini digunakan untuk merencanakan suatu instalasi tertentu misalkan wiring diagram untuk instalasi listrik rumah, wiring diagram untuk instalasi motor di Industri, wiring diagram untuk panel listrik dan lain lain.


Fungsi Wiring Diagram

Fungsi Wiring Diagram

1. Menghilangkan kesalahan pada pemasangan suatu instalasi

Sebelum melakukan instalasi listrik rumah, teknisi harus menggambar wiring diagram terlebih dahulu agar penempatan dan penyambungan semua komponen seperti lampu, saklar dan stop kontak tidak mengalami kesalahan.


2. Menunjang perencanaan komponen yang digunakan

Ketika kita menggambar suatu wiring diagram, maka kita secara tidak langsung juga mendata semua komponen yang digunakan pada instalasi tersebut.


3. Mempermudah memperbaiki suatu instalasi

Apabila terdapat wiring diagram pada suatu instalasi, maka penempatan semua komponen juga sudah diketahui, oleh karena itu hal tersebut sangat membantu dalam hal perbaikan atau maintance suatu instalasi listrik.


Contoh Wiring Diagram

Agar kita lebih mudah memahaminya berikut adalah beberapa contoh Wiring Diagram sebagai berikut :


Wiring Diagram Singgle Line

Wiring Diagram Satu Garis
Diagram Satu Garis ini menjelaskan tentang hubungan antar komponen dan sambungan kabel pada setiap komponen instalasi listrik rumah dan gedung. Terlihat pada gambar bahwa terdapat dua komponen yang dihubungkan yaitu Lampu dan Saklar.

Keterangan Gambar Diatas :

Jadi terlihat pada gambar bahwa terdapat beberapa simbol yaitu akan dijelaskan oleh gambar dibawah ini !!!

Keterangan Gambar

Wiring Diagram Rangkaian DOL (Direct On Line) Pada Motor 

Rangkaian DOL ini merupakan suatu rangkaian instalasi motor dan paling sederhana diantara rangkaian instalasi motor lainnya. Seperti terlihat pada gambar, rangkaian ini hanya terdapat tombol start dan stop. Ketika tombol start ditekan maka motor akan menyala dan ketika tombol stop diteka maka motor akan mati. Rangkaian ini hanya membutuhkan satu kontaktor, dua buah push button dan satu motor listrik.


Wiring Diagram PHB (Panel Hubung Bagi) Instalasi Rumah

Diagram PHB ini merupakan suatu diagram yang menjelaskan tentang pembagian beban pada instalasi listrik rumah dan gedung. Seperti terlihat pada gambar bahwa diagram PHB ini membagi beban rumah menjadi dua kelompok. Pada diagram PHB ini juga menjelaskan tentang kapasitas MCB yang digunakan pada setiap jalur. Selain itu diagram ini juga menjelaskan ukuran dan daya hantar maksimal kabel yang digunakan.


Wiring Diagram Instalasi Listrik Rumah


Singgle line diagram merupakan suatu diagram yang digunakan untuk menjelaskan suatu instalasi penerangan yang terdiri dari lampu, saklar dan stop kontak. Disebut singgle line diagram karena diagram ini hanya terdiri dari satu garis.

Seperti terlihat pada gambar diagram singgle line instalasi rumah ini menjelaskan secara detail instalasi rumah seperti :

  • Ukuran rumah, pada gambar yaitu 18 x 8 meter
  • Ukuran setiap ruangan pada rumah tersebut
  • Jumlah ruangan
  • Semua komponen yang digunakan, yaitu ada 10 lampu, 7 saklar dan 2 stop kontak
  • Pengkabelan semua komponen pada rumah
  • Dan lain lain

2 komentar untuk "Pembahasan Lengkap Wiring Diagram"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......