Memahami MCB atau Miniature Circuit Breaker

 

gambar MCB

MCB atau Miniatur Circuit Breaker adalah sebuah alat yang digunakan untuk memutus arus listrik pada suatu instalasi listrik rumah dan gedung ketika terjadi gangguan. Gangguan yang terjadi ini bisa berupa hubung singkat, korsleting dan beban berlebih / overload.


Simbol MCB atau Miniature Circuit Breaker

Simbol MCB ini dibagi menjadi dua yaitu untuk MCB 1 Fasa dan MCB 3 Fasa. Pada MCB 3 fasa terdapat kabel untuk fasa R - S - T sehingga membutuhkan tiga lubang MCB.

Fungsi MCB

Pada dasarnya fungsi dari MCB ini adalah untuk memutus aliran listrik rumah dan gedung ketika arus listrik yang mengalir melebihi kapasitas MCB. Maka dari itu pasti tertera spesifikasi kapasitas rating MCB seperti MCB rating 2A, 4A, 6A dan seterusnya. Akan tetapi untuk lebih detailnya lihat penjelasan di bawah ini :
  • Memutus arus listrik ketika terjadi korsleting
    Korsleting ini bisa terjadi dikarenakan kutub positif dan negatif kabel listrik terhubung atau ada komponen elektronik yang rusak.
    Ketika terjadi korsleting maka arus listrik akan melonjak secara drastis, maka dari itu MCB akan langsung memutus arus rangkaian listrik tsb.

  • Memutus arus listrik ketika terjadi beban berlebih
    Beban berlebih ini terjadi ketika arus listrik yang mengalir melebihi batas yang ditetapkan MCB. Misalkan pada MCB rating 6 Ampere, apabila arus yang mengalir pada MCB tersebut lebih dari 6 A maka MCB akan memutus rangkaian listrik.
    Beban berlebih ini terjadi dikarenkan kebutuhan arus listrik pada peralatan elektronik yang terlalu besar dan tidak sesuai dengan rating MCB yang digunakan.

Cara Kerja Pengaman MCB (Miniature Circuit Breaker)

Cara kerja dari MCB ini pada dasarnya berdasarkan dari suhu panas yang terjadi ketika konduktor dialiri oleh arus listrik. Konduktor yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik tersebut terbuat dari bahan bimetal seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Cara Kerja MCB
Jadi ketika terjadi korsleting atau beban berlebih, maka energi panas yang dihasilkan oleh arus listrik akan sangat tinggi. Hal tersebut membuat lempengan bimetal yang digunakan sebagai konduktor akan melengkung. Hal tersebut menyebabkan MCB tidak mengalirkan arus listrik.

Untuk lebih detailnya berikut adalah cara kerja dari MCB
  1. Ketika terjadi gangguan misalkan kabel fasa (positif) dan netral (negatif) bersentuhan maka akan terjadi hubung singkat.
  2. Hubung singkat tsb menyebabkan korsleting listrik.
  3. Ketika terjadi korsleting listrik maka arus listrik akan mengeluarkan energi panas berlebih.
  4. Energi panas tersebut membuat bahan bimetal pada MCB yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik menjadi melengkung (seperti gambar dibawah ini). 
  5. Bahan bimetal yang melengkung tsb mengakibatkan MCB tidak mengalirkan arus listrik.
  6. Hal tersebut menyebabkan listrik rumah menjadi padam.


Belum ada Komentar untuk "Memahami MCB atau Miniature Circuit Breaker"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......