Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hubungan dan Perbedaan HMI dengan SCADA

HMI SCADA
HMI SCADA merupakan dua buah sistem kontrol dan monitoring yang sangat sering digunakan di dunia industri. Akan tetapi banyak orang yang tidak bisa membedakan antara HMI (Human Machine Interface) dan SCADA (Supervision Control and Data Acquisition).

Maka dari itu artikel ini akan fokus untuk membahas tentang hubungan dan perbedaan HMI SCADA. 

HMI / Human Machine Interface
HMI merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai pengontrol sistem dan juga monitor sistem untuk menampilkan data tertentu berdasarkan data yang dikirim oleh RTU. 

Data yang ditampilkan oleh HMI ini seperti :
  • Hasil pengukuran sensor
    seperti suhu, kelembapan, tekanan dan lain lain.
  • Status actuator, seperti :
    - Relay dalam keadaan terbuka atau tertutup
    - Pneumatik dalam keadaan mendorong atau tidak
    - Dan lain lain.
Data yang ditampilkan oleh HMI ini bisa dalam bentuk diagram, grafik, dan data dalam bentuk lain yang mudah dipahami oleh manusia.

Supervision Control and Data Acquisition / SCADA
SCADA merupakan gabungan dari software dan beberapa hardware seperti komputer, RTU, HMI, sensor dan actuator sehingga membentuk suatu sistem otomasi untuk melakukan pengawasan (Supervision), pengontrolan (control) dan akuisisi data (Data Acquisition).
Sistem SCADA ini digunakan oleh suatu industri yang menggunakan banyak sekali otomasi yang sangat kompleks sehingga semua proses otomasi tersebut perlu dimonitor oleh satu komputer pada pusat kontrol.

Selain itu sistem SCADA ini sudah digunakan oleh PLN sejak 1980-an untuk melakukan pengawasan dan pengontrolan jaringan distribusi dan transmisi listrik. Data yang di monitor oleh PLN seperti tegangan, arus, nilai frekuensi, status saklar dan lain lain. 
Dengan digunakannya sistem SCADA ini PLN menjadi lebih cepat dalam mendeteksi gannguan pada jaringan transmisi dan distribusi serta dapat melakukan tindakan seperti membuka atau menutup saklar jaringan transmisi dan distribusi dari pusat kontrol apabila terjadi gannguan.

Lalu apa perbedaan SCADA HMI ini ?
Gambar diatas akan menjelaskan tentang perbedaan SCADA dan HMI, dimana :
  1. SCADA merupakan suatu sistem kendali dan otomasi yang terdiri dari beberapa hardware seperti Komputer, RTU, HMI, Sensor dan Aktuator yang terintegrasi menjadi satu sehingga dapat melakukan pengawasan, pengontrolan dan akuisisi data.

    Sementara itu HMI merupakan suatu alat yang digunakan untuk melakukan monitoring dan kontrol suatu RTU (Remote Terminal Unit).

  2. HMI digunakan sebagai monitor sekaligus pengontrol suatu sistem kendali / otomasi yang terhubung hanya dari satu RTU (Remote Terminal Unit) saja.

    Sementara itu sistem SCADA dapat memonitor dan mengontrol beberapa RTU sekaligus seperti terlihat pada gambar di atas.

Posting Komentar untuk "Hubungan dan Perbedaan HMI dengan SCADA"