Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Lengkap ELCB / Earth Leakage Circuit Breaker

ELCB adalah sebuah alat pengaman pada instalasi listrik yang berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi kebocoran arus. Jadi cara yang digunakan untuk mendeteksi kebocoran arus ini adalah dengan membandingkan nilai arus yang mengalir pada kabel fasa dan netral suatu instalasi listrik.


Pengertian ELCB

Kepanjangan ELCB adalah Earth Leakage Circuit Breaker merupakan suatu alat yang digunakan untuk memutus aliran listrik ketika terjadi kebocoran arus. Untuk pengertian yang lebih detail, lihat pada gambar di bawah ini :
Terlihat pada gambar bahwa terjadi kebocoran arus dikarenakan ada kabel yang sedikit terkelupas. Kemudian kabel tersebut tidak sengaja tersentuh oleh tangan seseorang dan membuat orang tsb tersetrum.

Kemudian cara yang digunakan ELCB untuk mendeteksi kebocoran arus adalah dengan membandingkan nilai arus pada kabel fasa dan netral dan hasilnya adalah nilainya tidak sama. Hal tersebut dikarenakan sebagian arus listrik mengalir ke orang yang tersetrum tsb. Maka ELCB akan langsung memutus aliran listrik di rumah tsb sehingga orang yang tersetrum dapat terselamatkan.

Fungsi ELCB

Seperti disebutkan diatas, fungsi utama dari ELCB adalah untuk memutus aliran listrik ketika terjadi kebocoran arus. Akan tetapi dalam pengaplikasian fungsi tersebut ELCB ini mempunyai dua kegunaan yaitu :

1. Memutus aliran listrik ketika terjadi kebocoran arus yang mengalir ke konduktor lainnya.


Misalnya dalam suatu peralatan elektronik terjadi kebocoran arus yang disebabkan karena kabel yang sedikit terkelupas. Kebocoran arus itu mengakibatkan sebagian arus listrik mengalir ke konduktor lain.
Maka ELCB akan mendeteksi kebocoran arus tsb dengan membandingkan arus yang mengalir pada kabel fasa dan netral, setelah terdeteksi bahwa nilainya tidak sama maka ELCB akan langsung memutus aliran listrik pada instalasi listrik rumah tsb.

2. Memutus aliran listrik ketika ada orang yang tersetrum / tersengat listrik

Misalnya terjadi kebocoran arus listrik dikarenakan ada kabel yang sedikit terkelupas. Kemudian ada seseorang yang tidak sengaja menyentuh kabel tersebut dan tersetrum / tersengat listrik.
Maka sebagian arus listrik akan mengalir ke orang tersebut dan ketika ELCB melakukan pengukuran arus listrik pada kabel fasa dan netral maka hasilnya tidak sama. Kemudian ELCB akan langsung memutus aliran listrik di rumah tsb sehingga orang yang tersetrum dapat terselamatkan.

Cara Kerja ELCB

Seperti dijelaskan diatas bahwa ELCB ini bekerja dengan cara membandingkan nilai arus dari kabel fasa dan netral. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar diatas.
  • Pada gambar diatas terlihat bahwa terdapat dua buah alat pengaman yang dipasang pada instalasi listrik rumah tsb.
  • Alat pengaman yang dipasang yaitu MCB (Miniature Circuit Breaker) dan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker).
  • ELCB digunakan untuk memutus aliran listrik ketika mendeteksi kebocoran arus.
  • Sementara itu MCB digunakan untuk memutus aliran listrik ketika terjadi hubung singkat dan beban berlebih.
  • Misalnya terjadi kebocoran arus yang disebabkan karena adanya kabel pada peralatan elektronik yang sedikit terkelupas. 
  • Kemudian ketika ingin menyalakan peralatan elektronik tsb, kabel yang terkelupas tidak sengaja tersentuh dan menyebabkan tersetrum.
  • Maka ELCB akan membandingkan nilai arus yang mengalir pada kabel fasa dan netral, dan dideteksi nilainya tidak sama.
  • Hal tsb dikarenakan sebagian kecil arus listrik mengalir ke tangan orang yang tersetrum
  • Maka ELCB akan langsung memutus aliran listrik sehingga orang tsb terselamatkan.
  • Itu merupakan gambaran secara sederhana bagaimana Cara Kerja ELCB.

Pemasangan ELCB

Pada dasarnya pemasangan ELCB ini dibagi menjadi dua yaitu ELCB 1 fasa dan ELCB 3 Fasa. Berikut adalah cara pemasangannya :

Cara Pasang ELCB 1 Phase

Perlu diperhatikan bahwa ELCB ini hanya berfungsi untuk memutus arus listrik ketika terjadi kebocoran arus. Oleh karena itu ELCB perlu ditambahkan dengan alat proteksi tambahan seperti MCB yang digunakan untuk memutus arus listrik ketika terjadi beban berlebih dan hubung singkat.


Cara Pasang ELCB 3 Phase

Sama seperti pemasangan ELCB 1 Fasa, Pada ELCB 3 Fasa juga memerlukan alat proteksi tambahan yaitu MCB. MCB yang digunakan pada gambar adalah MCB 4 Pole dimana tidak cuman mengamankan kabel fasa tapi juga kabel netral.

Posting Komentar untuk "Pembahasan Lengkap ELCB / Earth Leakage Circuit Breaker"