Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RCCB adalah

RCCB adalah

Residual Current Circuit Breaker atau RCCB adalah sebuah alat pengaman instalasi listrik yang berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi gangguan berupa kebocoran arus. 

Kebocoran arus yang dimaksud adalah ketika ada kegagalan isolasi dan mengakibatkan seseorang tersetrum / tersengat listrik. Atau ketika ada kebocoran isolasi yang mengakibatkan arus listrik mengalir ke konduktor lainnya yang seharusnya tidak dialiri oleh listrik.

Ketika terjadi insiden atau gangguan tersebut maka RCCB akan langsung memutus aliran listrik.


Fungsi RCCB

Seperti dijelaskan diatas RCCB ini mempunyai dua fungsi utama yaitu :

1. Memutus aliran listrik ketika terjadi kontak fisik atau ada orang yang tersetrum

Misalkan pada suatu instalasi listrik rumah, ada kabel yang sedikit terkelupas seperti terlihat pada gambar di bawah.
Kemudian ada orang yang tidak sengaja menyentuh kabel tsb sehingga membuat dia tersetrum / tersengat listrik. Cara yang dilakukan RCCB untuk mendeteksi adanya "kontak fisik" atau "orang tersetrum" tsb adalah dengan membandingkan arus yang mengalir pada kabel fasa dan netral. Apabila terjadi perbedaan nilai arus antara kabel fasa dan netral maka RCCB akan langsung memutus aliran listrik.

Hal tersebut dikarenakan ada sebagian arus listrik yang mengalir ke tubuh orang yang tersetrum tersebut. Kemudian untuk menggunakan fitur  ini yaitu proteksi terhadap sengat listrik, maka pilih RCCB dengan kapasitas 30 mA.


2. Memutus aliran listrik ketika terjadi kebocoran arus

Misalnya pada suatu instalasi rumah terdapat kebocoran isolasi pada kabel listrik yang diakibatkan oleh gigitan tikus.

Kemudian karena terjadi kebocoran isolasi maka arus listrik tersebut mengalir ke suatu konduktor atau bahan yang bisa dialiri oleh arus listrik. Maka cara yang dilakukan RCCB untuk mendeteksi kebocoran isolasi tersebut adalah dengan membandingkan nilai arus pada kabel fasa dan kabel netral. Maka diperoleh nilai bahwa arus pada fasa - netral tidak sama sehingga RCCB langsung memutus aliran listrik. Hal tsb dikarenakan sebagian arus listrik mengalir ke bahan konduktor tsb.


Cara Kerja RCCB

Seperti dijelaskan diatas bahwa cara RCCB dalam mendeteksi kebocoran arus adalah dengan membandingkan nilai arus pada kabel fasa dan netral.

RCCB adalah

Jadi ketika terjadi suatu kebocoran arus akan terjadi perbedaan nilai arus antara kabel fasa dan netral. Hal tersebut dikarenakan sebagian arus listrik mengalir ke konduktor atau bahan lain yang dapat dialiri listrik. 

Pada dasarnya prinsip kerja dari RCCB ini memanfaatkan hukum kircoff dimana :

"Nilai arus listrik yang masuk ke suatu penghantar akan sama dengan jumlah nilai arus listrik yang keluar dari penghantar tersebut"


Sehingga ketika RCCB mendeteksi adanya ketidaksamaan nilai arus antara fasa - netral tersebut maka RCCB akan memutus aliran listrik.

2 komentar untuk "RCCB adalah"

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......