Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oil Circuit Breaker adalah

Oil Circuit Breaker adalah

Oil Circuit Breaker adalah sebuah alat pengaman pada instalasi listrik yang menggunakan oil atau minyak sebagai media pemadaman busur api. Busur api ini terjadi pada saat proses "Switching" yaitu penghubungan dan pemutusan listrik dengan tegangan tinggi.

Busur api ini merupakan suatu aliran listrik yang mengalir di atmosfer. Dinamakan busur api karena terkadang berbentuk seperti semburan api (lihat pada gambar diatas !!).

Fungsi Oil Circuit Breaker (OCB)

Pada dasarnya fungsi utama dari OCB ini adalah untuk meredam busur api ketika proses Switching. Proses Switching ini dapat terjadi secara manual maupun otomatis.

  • Secara Otomatis
    Ketika terjadi hubung singkat pada suatu instalasi listrik maka OCB akan langsung memutus aliran listrik sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran dan lain lain.

  • Secara Manual
    Terkadang instalasi listrik perlu dimatikan ketika dalam proses maintance atau perawatan. Perawatan instalasi listrik ini rutin dilakukan baik beberapa bulan sekali atau bahkan beberapa minggu sekali tergantung perangkat dan komponen yang digunakan.

Jadi ketika dalam proses switching, baik pemutusan ataupun penghubungan aliran listrik pasti akan terjadi busur api karena tegangan yang sangat tinggi. Busur api ini akan dirubah menjadi uap oleh minyak tersebut. 

Hal ini membuat busur api tidak menyebar kemana - mana dan tidak membahayan instalasi litrik yang ada dikarenakan banyak sekali konduktor logam yang dapat dialiri oleh listrik busur api ini jika tidak diamankan.


Cara Kerja Oil Circuit Breaker (OCB)

Prinsip kerjanya adalah ketika terjadi proses switching baik terjadi secara otomatis atau manual maka akan terjadi busur api. Busur api ini akan diredam oleh minyak khusus yang digunakan (lihat pada gambar). 

Kemudian karena peristiwa tersebut maka busur api tersebut akan berubah menjadi uap panas yang akan naik ke atas. Hal tersebut membuat busur api bisa diamankan dimana busur api ini dapat mengalir ke konduktor lainnya atau kemungkinan terburuknya adalah dapat menyebabkan kebakaran.


Posting Komentar untuk "Oil Circuit Breaker adalah"