Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pull Up dan Pull Down Resistor

Pull Up dan Pull Down Resistor

Pull Up dan Pull Down Resistor merupakan suatu rangkaian elektronika yang digunakan untuk mengatur kondisi tegangan output yang masuk ke pin I/O mikrokontroler.

Seperti kita ketahui pada rangkaian mikrokontroler terdapat sinyal digital HIGH (5 Volt) dan LOW (0 Volt). Sinyal digital ini dapat digunakan untuk mengontrol suatu mekanisme tertentu pada mikrokontroler.

Pada dasarnya yang membedakan rangkaian resistor Pull Up dan Pull Down hanya penempatan resistor dan push button saja seperti terlihat pada gambar di bawah ini !!


Pull Up Resistor

Pull Up Resistor
Untuk menjelaskan rangkaian Pull UP, Lihat rangkaian di atas !!
  • Pada rangkaian Pull UP resistor, nilai tegangan normal yang mengalir ke Pin I/O ketika push button tidak ditekan adalah 5 Volt DC / HIGH.
  • Ketika push button ditekan maka nila Pin I/O akan mendapatkan nilai tegangan 0 Volt karena arus listrik dari VCC mengalir ke Ground.


Pull DOWN Resistor

Pull DOWN Resistor

Untuk menjelaskan rangkaian Pull DOWN, Lihat rangkaian di atas !!
  • Pada rangkaian Pull DOWN resistor, nilai tegangan normal yang mengalir ke Pin I/O ketika push button tidak ditekan adalah 0 Volt DC / LOW.
  • Ketika push button ditekan maka nila Pin I/O akan mendapatkan nilai tegangan 5 Volt / HIGH.


Fungsi Resistor Pull UP dan Pull Down

Fungsi utama dari Rangkaian Pull UP dan Pull DOWN Resistor ini adalah untuk menghindari "logika ngambang".

"Logika ngambang" adalah suatu fenomena dalam rangkaian mikrokontroler dimana mikrokontroler tidak dapat membaca nilai tegangan yang masuk ke pin I/O. Hal tersebut dikarenakan tegangan yang masuk tidak memenuhi nilai 5 Volt dan tidak juga 0 Volt. Oleh karena itu mikrokontroler sulit untuk menentukan sinyal tersebut termasuk katagori HIGH (5V) atau LOW (0 V).

pull up dan pull down resistor arduino

Jadi dengan rangkaian pull up dan pull down nilai tegangan yang masuk ke mikrokontroler nilainya sudah pasti atau tidak mengambang. Terlihat pada gambar diatas bahwa :

  • Ketika Push Button tidak ditekan maka Pin D13 / Digital 13 pada arduino akan mendapatkan nilai tegangan 0 / Logika LOW. Hal tersebut dikarenakan PIN D13 Dihubungkan ke Ground.
  • Ketika Push Button ditekan maka Pin D13 / Digital 13 pada arduino akan mendapatkan nilai 5 Volt atau Logika HIGH.

Posting Komentar untuk "Pull Up dan Pull Down Resistor"