Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan NFB dan MCCB

Perbedaan NFB dan MCCB

NFB dan MCCB pada dasarnya adalah alat pengaman instalasi listrik yang mempunyai fungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi gangguan. Gangguan yang dimaksud bisa berupa hubung singkat, beban berlebih bahkan sampai kebocoran arus.

Akan tetapi banyak sekali orang yang rancu atau bingung dengan istilah NFB dan MCCB ini. Lalu apa Perbedaan NFB dan MCCB !! Berikut adalah penjelasannya!


Apa Perbedaan NFB dan MCCB

  • NFB
    NFB atau No Fuse Breaker merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu Breaker atau pemutus sirkit yang tidak menggunakan fuse atau sekering sebagai pemutus aliran listrik (No Fuse).
    Fuse
    Fuse atau Sekering adalah suatu alat pemutus sirkit yang memanfaatkan kawat untuk memutus aliran listrik. Jadi cara kerjanya adalah ketika terjadi suatu korsleting / hubung singkat / beban berlebih maka terjadi lonjakan arus yang besar.

    Lonjakan arus tersebut membuat penghantar listrik mengeluarkan energi panas. Kemudian karena lonjakan arus tersebut maka kawat pada Sekering akan terbakar sehingga sekering memutus aliran listrik pada instalasi tersebut.

    Berdasarkan penjelasan tersebut maka semua Circuit Breaker yang tidak menggunakan sekering / fuse untuk memutus aliran listrik dapat dikatagorikan sebagai NFB. Salah satu contoh NFB yang paling populer dan banyak digunakan adalah MCCB atau Molded Case Circuit Breaker

  • MCCB
    MCCB atau Molded Case Circuit Breaker merupakan suatu alat pengaman instalasi listrik yang biasanya digunakan untuk mengamankan instalasi motor listrik.
    MCCB  ini digunakan untuk memutus aliran listrik ketika terjadi hubung singkat dan beban berlebih.
    - Hubung singkat pada instalasi motor listrik terjadi ketika aliran listrik kabel fasa terhubung dengan kabel netral sehingga mengakibatkan lonjakan arus yang tinggi.
    Lonjakan arus ini dapat menyebabkan bunga api yang sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kebakaran.

    - Kemudian beban berlebih terjadi ketika arus yang digunakan untuk memutar motor melebihi rating arus MCCB. Misalkan MCCB yang digunakan memiliki rating 100 Ampere, kemudian karena beban untuk memutar motor listrik terlalu berat maka motor menggunakan arus lebih dari 100 Ampere. Ketika hal tersebut terjadi maka MCCB akan langsung memutus aliran listrik.

Kesimpulan
  • NFB atau No Fuse Breaker merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu breaker atau alat pemutus sirkit yang tidak menggunakan Fuse atau Sekering (No Fuse) untuk memutus aliran listrik. Salah satu contoh dari NFB adalah MCCB atau Molded Case Circuit Breaker.

  • MCCB atau Molded Case Circuit Breaker merupakan suatu alat pengaman instalasi motor listrik yang digunakan untuk memutus rangkaian motor ketika terjadi hubung singkat dan beban berlebih.

2 komentar untuk "Perbedaan NFB dan MCCB"

  1. Kesimpulannya NFB itu pemutus tanpa sekring, seperti yg dicontohksn adalah MCCB, nah kalo begiti berrti MCB jg termasuk NFB yah min???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya sebenarnya secara harafiah NFB (No Fuse Breaker) itu semua alat pengaman listrik yang tidak menggunakan teknologi fuse / sekering termasuk MCB, MCCB, ACB, ELCB, RCBO, RCBB dan lain lain...

      Akan tetapi penyebutan NFB populer digunakan untuk menyebutkan alat MCCB kak.....

      Hapus

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......