Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Handy Talkie adalah

Handy Talkie adalah

Handy Talkie adalah sebuah alat yang digunakan untuk komunikasi dua arah atau lebih dengan memanfaatkan gelombang radio. 

Alat komunikasi ini hanya dapat digunakan dengan maksimal jarak 2,5 Kilo Meter. Hal tersebut dikarenakan alat ini tidak menggunakan stasiun pemancar gelombang radio untuk dapat berkomunikasi satu sama lain.

Cara Kerja Handy Talky

Terlihat pada gambar bahwa Handy Talkie / HT ini terdapat suatu antena yang sangat panjang sekali. Antena ini digunakan untuk menangkap sinyal gelombang radio sekaligus memancarkan sinyal radio saat mengirimkan pesan.

Itulah kenapa jarak pengiriman pesan melalui HT ini tidak bisa terlalu jauh karena hanya mengandalkan Antena tersebut dan tidak ada stasiun pemancar seperti telepon yang menggunakan kartu operator.

Kemudian sebutan lain untuk alat ini yaitu HT, Handy Talky, dan Walkie Talkie.


Sejarah Handy Talky

Jauh sebelum era internet dan smart phone seperti saat ini, terdapat suatu alat komunikasi dua arah atau lebih yang memanfaatkan gelombang radio untuk berkomunikasi yaitu HT / Handy Talkie / Walkie Talkie. Jadi pada alat ini terdapat suatu antena yang sangat panjang yang digunakan untuk menangkap gelombang radio sekaligus memancarkan sinyal radio ketika mengirimkan pesan.

Sejarah Handy Talkie

Alat ini pertama kali ditemukan pada tahun 1937 oleh seorang ilmuan asal kanada bernama  Donald Lewes Hings. Akan tetapi alat ini saat itu belum bernama Handy Talkie karena bentuknya yang masih sangat besar dan beratnya yaitu 12 pounds atau sekitar 5 Kg. 

Kemudian alat ini baru diproduksi untuk pertama kalinya di kanada pada tahun 1938 untuk keperluan militer di negara tersebut.


Cara Kerja Handy Talky

Jadi pada Handy Talky, terpadat suatu antena panjang yang digunakan untuk menangkap gelombang radio sekaligus memancarkan gelombang radio ketika sedang mengirimkan pesan.

Cara Kerja Handy Talky

Misalkan HT digunakan untuk mengirimkan pesan maka terdapat suatu komponen di dalam HT yang berfungsi untuk merubah suara anda menjadi sinyal elektromagnetik. Kemudian sinyal ini akan dikirimkan oleh HT melalui frekuensi radio. Kemudian HT dari sisi yang lain akan berperan sebagai receiver atau penerima pesan. Pesan tersebut dalam bentuk sinyal elektromagnetik akan diubah menjadi suara kembali agar dapat didengar oleh manusia.


Cara Menggunakan Handy Talky

Jadi Handy Talky ini dapat digunakan dalam dua kondisi yaitu sebagai pengirim pesan (transceiver) atau penerima pesan (receiver).

Misalkan HT digunakan sebagai pengirim pesan maka caranya adalah :
  1. Tekan tombol PTT pada HT / Handy Talkie
  2. Tombol PTT ini singkatan dari push to talk atau tekan untuk berbicara
  3. Maka setelah menekan tombol PTT maka mulailah berbicara
  4. Tekan terus tombol saat berbicara
  5. Setelah selesai bebicara maka lepas tombol PTT.


Posting Komentar untuk "Handy Talkie adalah"