Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Receiver adalah

Receiver adalah sebuah alat yang digunakan sebagai "penerima" dalam suatu pengiriman data. Lawan dari Receiver adalah sender / transceiver yang digunakan sebagai pengirim data.


Istilah receiver ini banyak digunakan dalam ilmu jaringan dan komunikasi seperti pada peralatan radio, televisi, ponsel, dan alat lain yang digunakan sebagai pengirim dan penerima data baik dalam bentuk suara ataupun vidio dan gambar.


Receiver Yang Ada Dalam Kehidupan Sehari - Hari

1. Radio

Radio ini merupakan suatu alat yang digunakan untuk merubah sinyal modulasi (gelombang radio) menjadi sinyal audio / suara yang dapat didengarkan manusia.

radio receiver

Cara kerjanya adalah, antena pada radio akan menangkap gelombang radio yang dipancarkan oleh stasiun pemancar. Kemudian bagian tunning pada radio akan memilih salah satu dari sekian banyak gelombang radio. Setelah itu maka gelombang radio tersebut akan dirubah menjadi suara yang dapat didengar oleh manusia.


2. Televisi

Berbeda dengan radio yang mengubah gelombang frekuensi radio menjadi sinyal audio / suara, Televisi ini merubah sinyal elektronik dan magentik menjadi gambar atau vidio dan suara.

Receiver Televisi

Prinsipnya sama seperti radio, yaitu pada televisi juga terdapat suatu stasiun pemancar untuk gelombang TV . Kemudian gelombang TV ini ditangkap oleh antena atau parabola pada setiap rumah. Kemudian terdapat suatu IC pada televisi yang digunakan untuk mengubah sinyal TV yang ditangkap tersebut menjadi suara dan gambar ataupun vidio.


3. HT atau Handy Talkie

Jauh sebelum adanya ponsel pintar seperti saat ini, dulu terdapat suatu alat komunikasi jarak jauh menggunakan HT / Handy Talkie ini. HT ini digunakan untuk komunikasi dua orang atau lebih dengan memanfaatkan frekuensi radio. Jarak yang dapat digunakan untuk komunikasi menggunakan HT ini maksimal 2,5 Kilo Meter. 


4. Telepon

Sebelum adanya teknologi internet seperti saat ini, telepon jaman dulu hanya dapat digunakan sebagai komunikasi untuk mengirimkan suara dan pesan teks (SMS).

Jadi saat telepon digunakan sebagai receiver, maka akan menerima pesan teks (SMS) dari pengirimnya. Pesan tersebut dikirimkan lewat stasiun pemancar radio operator telepon yang digunakan oleh pengirim.

Posting Komentar untuk "Receiver adalah"