Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Bus

Sistem Bus adalah suatu sistem komunikasi data yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komponen dalam komputer seperti Memori, CPU, dan perangkat Input / Output.

Sistem Bus

Komputer dapat berjalan apabila semua komponen dalam komputer dapat terhubung satu sama lain. Kemudian Bus ini digunakan sebagai "jalur komunikasi" antar komponen pada komputer untuk mengirimkan data satu sama lain yaitu dari perangkat CPU, Memori dan perangkat Input / Output.


Pengertian Sistem Bus

Sistem Bus adalah jalur yang terdiri dari kabel dan konektor yang digunakan untuk membawa data antara perangkat komputer seperti CPU, RAM, Vidio Prosesor, Hard Disk dan Perangkat Input / Output. 

Bus menyediakan jalur komunikasi untuk data dan sinyal kontrol yang bergerak di antara komponen utama sistem komputer. Bus sistem bekerja dengan menggabungkan fungsi dari tiga bus utama: yaitu bus data, alamat, dan kontrol. Masing-masing dari ketiga bus tersebut memiliki karakteristik dan tanggung jawab tersendiri.


Fungsi Sistem Bus

Fungsi utama dari sistem bus ini adalah untuk mentransfer data antar perangkat komputer. Akan tetapi bus ini dibagi menjadi 3 dan memiliki fungsi masing - masing yaitu sebagai berikut :

  • Bus data

Digunakan untuk mentransfer data antar perangkat dalam komputer

  • Bus Address

Bus address atau jika diterjemahkan menjadi "bus alamat" ini berfungsi memberi tahu perangkat dari mana data berasal dan harus dikirim kemana. 

  • Bus Kontrol

Bus Kontrol berfungsi mengoordinasikan aktivitas antara berbagai perangkat untuk mencegah tabrakan data. "Tabrakan Data" ini yang membuat file komputer menjadi corrupt dan membuat file tersebut tidak bisa dibuka.


Cara Kerja Sistem Bus

Setiap byte memori yang disimpan dalam RAM memiliki alamat unik yang terkait dengannya, yang mirip dengan alamat IP. Ketika CPU ingin mengakses data yang disimpan dalam memori, ia menempatkan alamat data pada bus alamat, dan kemudian mengatur bus kontrol untuk menunjukkan bahwa ia sedang menunggu data. 

Kontroler memori utama akan menempatkan data yang diminta pada bus data dan mengubah bus kontrol untuk menunjukkan bahwa data sudah siap. CPU kemudian bebas membaca data dari bus data.

Posting Komentar untuk "Sistem Bus"