Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Frais adalah

Mesin Frais adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mengikis permukaan benda dengan pisau yang berputar sehingga benda tersebut dapat dibentuk sesuai keinginan.

Mesin Frais

Terlihat pada gambar bahwa ketika "pisau yang berputar" tersebut mengenai permukaan benda maka akan terjadi pengikisan. Proses pengikisan oleh mesin frais itu disebut sebagai proses milling. Oleh karena itu nama lain dari mesin frais ini adalah mesin milling. 


Fungsi Mesin Milling

Seperti dijelaskan diatas bahwa fungsi utama dari mesin ini adalah untuk mengikis (milling) permukaan benda logam sehingga mempunyai bentuk sesuai yang diinginkan. Akan tetapi proses pengikisan (milling) pada permukaan benda ini tergantung dari jenis pisau yang digunakan dan posisi pisau, berikut kami membaginya menjadi 7 jenis yaitu :
  1. Plain Milling 
  2. Face Milling
  3. Straddle Milling
  4. End Milling
  5. Form Milling
  6. Gang Milling
  7. Angular Milling
  8. T Slot Milling

Bagian Bagian Mesin Frais

Bagian Bagian Mesin Frais
  • Work Table / Meja Mesin
    Komponen ini digunakan sebagai tatakan benda logam yang akan dilakukan proses milling / pengikisan. Benda logam tersebut akan direkatkan ke meja menggunakan klem, penjepit, dan ragum agar tidak bisa bergerak. Selain sebagai tatakan benda kerja, fungsi Work Table ini adalah sebagai jalan mengalirnya cairan pendingin (coolant).
  • Sadle
    Bagian ini digunakan sebagai penyangga dan penggerak meja mesin agar dapat bergerak baik secara otomatis atau manual. Terlihat pada gambar bahwa Sadle ini terletak di antara meja mesin dan lutut mesin. Pada mesin frais universal, sadel mesin terdiri dari dua bagian yaitu bagian atas dapat digerakkan ke arah melintang sedangkan bagian bawah dapat digerakkan ke arah memanjang.

  • Knee atau Lutut Mesin
    Sesuai dengan namnya bagian ini terletak dibawah yaitu antara saddle dan base. Lutut mesin / Knee ini memiliki fungsi untuk meletakkan Sadle atau eretan meja.

  • Column atau Badan Mesin atau Rumah Mesin
    Bagian ini berfungsi untuk menyangga hampir semua komponen mesin frais, tempat motor, susunan roda gigi, minyak pelumas maupun pendingin.

  • Base / Kaki Mesin / Alas Mesin
    Bagian ini terletak paling bawah dan berfungsi untuk menyangga seluruh bagian mesin frais yang tertumpu pada kolom dan lutut mesin. Pada bagian atas dari alas ini tersimpan cairan pendingin untuk dipompa lagi keatas.

  • Over Arm atau Lengan Mesin
    Digunakan sebagai penahan atau penopang ujung poros frais dan letaknya pada bagian paling atas dari mesin frais. Posisi dari Lengan Mesin ini dapat diatur atau digeser untuk suatu pengerjaan tertentu dan malahan terkadang lengan ini malah tidak dipakai.

  • Spindle atau Poros Utama
    Digunakan sebagai tempat kedudukan poros frais (arbour) dan memutar pisau frais (cutter) untuk melakukan penyayatan.

  • Arbour Support atau Penahan Poros
    Digunakan untuk menahan ujung poros pisau frais dan untuk menahan getaran saat proses milling / penyayatan. Posisi Arbour ini ada pada ujung lengan mesin frais, akan tetapi untuk mesin frais terbaru biasanya ada dua penahan poros.

Jenis Mesin Frais

Pada dasarnya Mesin Frais ini dibagi menjadi 4 jenis yaitu, sebagai berikut :

1. Mesin Frais Tangan atau Hand Milling Machine

Sesuai dengan namanya mesin frais ini digerakkan secara manual oleh tangan dan merupakan mesin frais paling sederhana diantara jenis lainnya. Jadi meja kerja pada mesin ini dapat digerakkan secara horizontal (kiri - kanan dan maju - mundur). Kemudian bagian pisau potong (yang berputar) dapat digerakkan secara vertikal (atas - bawah).

2. Mesin Frais Horizontal

Mesin frais jenis ini pisau potongnya dipasang secara horizontal dengan benda kerja, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah !
Mesin Frais Horizontal
Terlihat pada gambar bahwa pisau (bagian yang berputar) dipasang secara horizontal dengan meja kerja. Salah satu kelemahan utama dari mesin jenis ini adalah banyaknya kontrol yang membuat pemotongan relatif lebih lambat. 

Kemudian ada beberapa faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih mesin ini yaitu posisi penggilingan, kecepatan potong, laju umpan, dan pelumasan. Kecepatan pemotongan atau pengikisan juga harus sesuai dengan jenis bahan dan pemotong.

3. Mesin Frais Vertikal

Sesuai dengan namanya mesin jenis ini posisi pisau potong-nya dipasang secara vertikal dengan meja kerja. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah !!
Mesin Frais Vertikal

Terlihat pada gambar bahwa pisau (bagian yang berputar) dipasang secara vertikal dengan meja kerja. Salah satu kelebihan utama dari mesin jenis ini adalah kecepatan pemotongan atau pengikisan oleh pisau relatif lebih cepat dari mesin horizontal karena dipengaruhi oleh posisi pasau yang vertikal. 

4. Mesin Frais Universal

Mesin Frais jenis ini dapat disesuaikan posisi pisaunya yaitu dapat diatur secara vertikal atau horizontal. Tentu mesin jenis ini sangat fleksibel dan efektif untuk digunakan.

5. Mesin Frais Omniversal

Mesin Frais jenis ini memiliki fitur lebih lengkap dikarenakan memiliki 4 pisau yang dapat diatur posisinya baik secara vertikal ataupun horizontal.

Prinsip Kerja Mesin Frais

Seperti dijelaskan diatas bahwa prinsip kerja dari mesin frais ini adalah mengubah energi listrik menjadi putaran pisau yang berputar sangat cepat. Putaran pisau ini apabila didekatkan dengan benda logam maka akan terjadi pengikisan.
Prinsip Kerja Mesin Frais
Pengikisan ini membuat benda logam menjadi berubah bentuk dan bentuknya dapat diatur sesuai kemauan kita.

Contoh Soal Mesin Frais

1. Proses Kerja Mesin Frais adalah ?
Proses Kerja Mesin Frais adalah - Alat potong berputar, benda kerja digerakkan perlahan.

2. Apa yang dimaksud dengan proses frais?
Proses frais adalah jenis mesin perkakas yang mempunyai keistimewaan tersendiri karena dapat melakukan berbagai proses pelepasan logam dengan penyayatan benda kerja oleh pisau yang berputar.

Pembahasan :
milling
Pada saat mesin frais bekerja maka pengikisan logam / pelepasan logam terjadi karena pisau yang berputar sehingga mengikis / menyayat benda kerja.

3. Peralatan Keselamatan Kerja yang sering digunakan pada mesin frais adalah..
A. Kacamata

Pembahasan :
Hal tersebut dikarenakan saat melakukan proses pengikisan oleh mesin frais, terdapat serbuk logam yang berterbangan karena hasil pengikisan tsb. Oleh karena itu penting untuk melindungi mata agar logam tsb tidak terkena mata.

Posting Komentar untuk "Mesin Frais adalah"