Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Porting adalah

Porting adalah sebuah istilah yang digunakan pada dunia otomotif untuk memperlebar diameter lubang "kepala cylinder" dengan mengikis permukaan lubang tersebut.

Jadi porting ini adalah memodifikasi saluran lubang "intake" dan "exhaust" untuk memperlancar sirkulasi udara yang masuk ke engine ataupun udara yang keluar dari engine.

Porting adalah

Jadi terlihat pada gambar bahwa pinggiran lubang yang permukaannya kasar dikikis agar lubang menjadi lebih besar sehingga diharapkan sirkulasi udara yang masuk ke engine maupun udara yang keluar dari engine menjadi lebih baik.

Dengan dilakukan porting pada motor ini diharapkan dapat mempercepat motor karena HP (Horse Pewer) pada motor akan bertambah karena sirkulasi udara yang menjadi lebih baik.


Apa tujuan Porting

Seperti dijelaskan diatas bahwa tujuan utama dari porting ini adalah menambah HP / Horse Power pada motor sehingga tenaga motor menjadi lebih baik. Dengan porting maka sirkulasi udara akan lebih efisien mengalir masuk ke engine dan keluar dari engine melalui knalpot. Jadi Porting meningkatkan efisiensi mesin dengan mengijinkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Akan tetapi sebagaian orang menilai bahwa Porting motor ini tidak efektif dilakukan pada "motor standar". Porting ini baru akan maksimal hasilnya apabila motor sudah di "Bore Up" sehingga tarikan motor menjadi lebih powerfull.


Kekurangan Porting

  • Dengan porting maka suara motor menjadi kebih keras dan berisik karena lubang sirkulasi udara keluar pada knalpot menjadi lebih besar dan tanpa filter.
  • Selain itu biaya untuk melakukan porting motor tidaklah murah yaitu bisa mencapai 500 ribu rupiah.


Kelebihan Porting

  • Dengan porting maka HP / Horse Power motor dapat meningkat sampai 7%
  • Tarikan Motor menjadi lebih ringan

Penggunaan Kata Porting Dalam Bahasa Gaul

Keluar dari pembahasan porting dalam istilah "otomotif", porting ini juga merupakan bahasa gaul yang sering digunakan oleh anak muda, contohnya :

"Cantik sih, tapi udah diporting duluan"
"Semoga jodoh gw belom diporting"


Jika diartikan secara harafiah berdasarkan definisi porting pada dunia otomotif maka penggunaan kata "porting" pada kalimat diatas sangatlah jorok sekali. Saya tidak mau menjelaskan mengenai maksud kalimat tsb akan tetapi kalian bisa membaca apa definisi porting terlebih dahulu maka kalian akan paham apa maksudnya hehehehe...... Sekian terimakasih....

Posting Komentar untuk "Porting adalah"