Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tembaga adalah

Tembaga adalah

Tembaga adalah sebuah bahan yang seringkali digunakan sebagai konduktor listrik. Kemampuan tembaga dalam menghantarkan listrik ini sangat baik karena memiliki resistansi bahan yang rendah dan konduktivitas tinggi.

bahan tembaga

  • Resistivitas, merupakan suatu nilai hambatan jenis yang ada pada suatu penghantar. Hambatan jenis ini dapat mengurangi nilai arus listrik sebagaimana rumus I = V / R dimana semakin tinggi nilai hambatan pada suatu penghantar maka kerugian arus akan semakin besar.
  • Oleh karena itu konduktor yang baik mempunyai nilai resistivitas kecil.
  • Sementara itu Konduktivitas merupakan kemampuan penghantar untuk menghantarkan muatan elektron yang dapat menyebabkan energi listrik.
  • Jadi semakin besar nilai konduktivitas suatu konduktor, maka semakin baik konduktor tersebut.


Itulah kenapa 60% penggunaan bahan tembaga memang untuk bahan pembuatan peralatan listri. Selain itu masifnya penggunaan bahan tembaga ini dikarenakan tembaga merupakan logam ketiga terbanyak di dunia sehingga penggunaannya tidak dibatasi oleh ketakutan bahwa suatu saat bahan ini akan habis. 


Kenapa Tembaga Dipilih Sebagai Konduktor Listrik ?

Bahan tembaga ini mempunyai beberapa alasan kenapa sering digunakan sebagai konduktor listrik, berikut adalah alasannya :

1. Mempunyai hambatan jenis yang relatif kecil

Hambatan jenis ini dapat menyebabkan rugi - rugi daya ketika menyalurkan arus listrik. Itulah kenapa terdapat parameter cos phi dengan nilai 0,8 dikarenakan penyaluran energi listrik pasti sedikit berkurang karena adanya hambatan jenis ini pada setiap penghantar.

Hal tersebut sesuai rumus yang kita pahami yaitu I (Arus) = V (tegangan) / R (hambatan), dimana semakin besar hambatan yang ada pada suatu penghantar maka kerugian daya akan semakin besar. 

2. Harga yang relatif murah

Sebenarnya banyak sekali bahan konduktor listrik yang mempunyai nilai hambatan jenis yang lebih kecil salah satunya adalah perak. Akan tetapi bahan perak ini mempunyai harga yang jauh lebih mahal daripada tembaga. Itulah kenapa tembaga masih populer digunakan untuk bahan konduktor listrik seperti pada kabel listrik.

3. Bahan tembaga mudah menyerap dan melepaskan panas

Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali jenis Circuit Breaker atau pengaman listrik yang memanfaatkan energi panas untuk memutus aliran listrik.

Jadi ketika terjadi korsleting / hubung singkat dan beban berlebih maka terjadi lonjakan arus yang sangat tinggi. Lonjakan arus ini membuat bahan tembaga pada kabel listrik mengeluarkan energi panas.
bahan bimetal
Kemudian Circuit Breker ini mempunyai komponen penggerak kontak saklar yang terbuat dari bahan bimetal yang sangat peka terhadap suhu. Jadi ketika kabel listrik tembaga mengeluarkan energi panas, maka membuat bahan bimetal ini menjadi sedikit melengkung sehingga memutus arus listrik.

4. Bahan tembaga mempunyai kelenturan yang cukup baik

Seperti kita ketahui bahwa kabel listrik harus mempunya kelenturan dan fleksibilitas yang tinggi dikarenakan pada suatu instalasi listrik kabel listrik akan di pasang mengikuti bentuk bangunan. 
Oleh karena itu kabel listrik yang paling populer digunakan adalah berbahan tembaga karena kelenturan dan fleksibitas tersebut.

5. Bahan tembaga mempunyai bobot yang relatif ringan

Tembaga ini mempunyai bobot yang ringat jika dibandingkan dengan jenis konduktor lainnya seperti besi ataupun tembaga yang mempunyai bobot yang relatif berat.

Posting Komentar untuk "Tembaga adalah"