Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat pengaman yang akan memutuskan rangkaian listrik berdasarkan panas disebut

Alat pengaman yang akan memutuskan rangkaian listrik berdasarkan panas disebut MCB (Miniature Circuit Breaker).

MCB

Jadi MCB atau Miniature Circuit Breaker ini adalah sebuah alat pengaman instalasi listrik rumah dan gedung yang akan memutus aliran listrik ketika terjadi gangguan. Gangguan ini dapat berupa korsleting listrik, dan beban berlebih.


Apa maksud dari MCB memutus rangkaian listrik berdasarkan panas ?

Jadi ketika terjadi gangguan korsleting listrik dan beban berlebih maka kabel listrik akan mengeluarkan suhu panas. Hal tersebut dikarenakan ketika terjadi korselting listrik tersebut, maka terjadi lonjakan arus yang sangat besar. Lonjakan arus ini mengakibatkan kabel listrik mengeluarkan suhu panas.

Cara Kerja MCB

Kemudian terlihat pada gambar bahwa pada MCB ini terdapat satu bagian khusus yang terbuat dari bahan bimetal. Bahan bimetal ini sangat peka terhadap energi thermal atau suhu panas dimana ketika bahan bimetal ini terkena suhu panas maka akan sedikit melengkung (terlihat pada gambar diatas).

Jadi ketika terjadi korsleting listrik maka akan terjadi lonjakan arus yang sangat tinggi. Lonjakan arus ini mengakibatkan kabel mengeluarkan suhu panas yang sangat tinggi juga. Karena suhu panas tersebut maka bahan bimetal pada MCB akan menjadi melengkung (seperti terlihat pada gambar diatas).

Bahan bimetal yang melengkung tersebut membuat MCB memutus kontak saklar. Hal tersebut membuat MCB memutus aliran listrik pada instalasi listrik rumah dan gedung. Itulah kenapa MCB disebut memutus aliran listrik berdarkan panas !!!


Kesimpulan :

MCB (Miniature Circuit Breaker) merupakan suatu alat pengaman instalasi listrik yang akan memutus aliran listrik berdasarkan suhu panas yang dihasilkan oleh penghantar dikarenakan lonjakan arus yang terjadi saat korsleting listrik dan beban berlebih.


Korsleting listrik merupakan suatu fenomena dimana terhubungnya kutub positif (fasa) dan negatif (netral) pada suatu instalasi listrik rumah dan gedung. Terhubungnya kutub positif dan negatif ini dapat disebabkan karena berbagai macam faktor seperti rusaknya peralatan elektronik yang dipasang pada rumah / gedung tsb, kabel yang terkelupas karena gigitan tikus dan lain lain. Korsleting ini menyebabkan lonjakan arus yang sangat tinggi sekali sehingga membuat penghantar listrik mengeluarkan energi panas.

MCB ini pasti digunakan pada instalasi listrik rumah tangga karena bentuknya yang kecil dan minimalis. Selain itu MCB juga dinilai sebagai Pengaman Instalasi Listrik yang sangat handal dalam memutus aliran listrik ketika terjadi gangguan. Gangguan ini bisa berupa korsleting listrik dan beban berlebih. K

Posting Komentar untuk "Alat pengaman yang akan memutuskan rangkaian listrik berdasarkan panas disebut"