Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab arus bisa mengalir adalah ?

Penyebab arus bisa mengalir adalah adanya

A. Hambatan
B. Beda Potensial
C. Elektron
D. Muatan

Jawaban : B. Beda Potensial

Energi listrik tercipta karena adanya muatan listrik (elektron) yang bergerak secara terus - menerus pada suatu penghantar yang disebabkan karena adanya Beda Potensial. Jadi muatan listrik ini akan mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah karena adanya Beda Potensial tersebut.

Jadi tanpa adanya fenomena Beda Potensial ini tidak mungkin menyebabkan terjadinya aliran muatan listrik. Aliran muatan listrik ini kemudian yang menciptakan suatu arus listrik.

Pembahasan Jawaban :
A. Hambatan 
Hambatan atau Resistansi adalah suatu gaya yang dapat menahan atau bahkan menghentikan aliran muatan listrik atau elektron. Oleh karena itu resistansi ini dalam ilmu listrik digunakan untuk mengurangi nilai arus listrik sebagaimana rumus :
I = V / R, Jadi semakin tinggi nilai resistansi pada suatu penghantar maka nilai arus yang mengalir pada penghantar tersebut akan semakin kecil.

Jadi jawaban A. Hambatan adalah Salah !!

B. Beda Potensial
Seperti dijelaskan diatas bahwa :
"Arus Listrik tercipta karena adanya muatan listrik (elekron) yang mengalir pada suatu penghantar yang disebabkan karena adanya beda potensial"

Jadi memang arus listrik tercipta karena adanya muatan listrik yang terus bergerak pada suatu penghantar. Akan tetapi penyebab  dari bergeraknya muatan listrik tersebut adalah karena adanya Beda Potensial.

Jadi jawaban B. Beda Potensial adalah Benar !!

C. Elektron
Seperti dijelaskan diatas bahwa memang penyebab terjadinya arus listrik adalah karena muatan elektron yang terus menerus bergerak pada suatu penghantar. Akan tetapi muatan elektron itu dapat bergerak karena adanya Beda Potensial. Hal tersebut dikarenakan muatan elektron hanya bisa bergerak dari potensial tinggi ke potensial rendah.

Jadi jawaban C. Elektron adalah Salah / Kurang Tepat !!!

D. Muatan Listrik
Seperti dijelaskan diatas bahwa memang penyebab terjadinya arus listrik adalah karena muatan listrik (elektron) yang terus menerus bergerak pada suatu penghantar. Akan tetapi muatan lisstrik tersebut dapat bergerak karena adanya Beda Potensial. Hal tersebut dikarenakan muatan listrik hanya dapat mengalir / bergerak dari potensial tinggi ke potensial rendah. Itulah sebabnya Beda Potensial diperlukan.

Jadi jawaban D. Muatan Listrik adalah Salah / Kurang Tepat !!!

Posting Komentar untuk "Penyebab arus bisa mengalir adalah ?"