Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah muatan yang mengalir persatuan waktu dinamakan

Jumlah muatan yang mengalir persatuan waktu dinamakan

Jumlah muatan yang mengalir persatuan waktu dinamakan Arus Listrik

A. Tegangan Listrik

B. Beda Potensial Listrik

C. Arus Listrik

D. Hambatan Listrik


Jawaban : C. Arus Listrik

Arus listrik merupakan suatu fenomena yang disebabkan karena muatan elektron yang mengalir secara terus menerus pada suatu penghantar. Oleh karena itu jumlah muatan listrik (elektron) yang mengalir persatuan waktu dinamakan arus listrik.


Pembahasan Jawaban :

A. Tegangan Listrik

Tegangan merupakan suatu parameter pengukuran yang didapatkan dari beda potensial pada dua buah titik dalam rangkaian listrik.

tegangan listrik

Terlihat pada gambar bahwa untuk mengukur tegangan (Volt) maka kita harus menghubungkan alat ukur listrik ke dua kutub yaitu positif dan negatif. Oleh karena itu tegangan ini juga disebut sebagai beda potensial.

Jadi jawaban A. Tegangan Listrik adalah Salah !!


B. Beda Potensial Listrik

Beda Potensial Listrik merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mendefinisikan terjadinya perbedaan elektron pada suatu rangkaian listrik.

Beda Potensial Listrik

Terlihat pada gambar bahwa terjadi beda potensial pada suatu aliran listrik diatas. Beda Potensial ini yang menyebabkan muatan elektron mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah. Muatan elektron yang mengalir ini menyebabkan terciptanya arus listrik.

Jadi jawaban B. Beda Potensial Listrik adalah Salah !!!


C. Arus Listrik

Seperti dijelaskan diatas arus listrik merupakan suatu fenomena yang disebabkan karena muatan listrik (elektron) yang mengalir secara terus - menerus pada suatu penghantar. Mengalirnya muatan elektron ini disebabkan karena terjadinya Beda Potensial pada penghantar tersebut. Beda potensial ini yang membuat elektron mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah.

Jadi muatan elektron yang mengalir persatuan waktu dinamakan C. Arus Listrik !! Jawaban Benar.


D. Hambatan Listrik

Hambatan Listrik atau Resistansi Listrik merupakan suatu gaya yang dapat menghambat atau bahkan menghentikan aliran elektron. Oleh karena itu Hambatan listrik ini dirumuskan dengan I = V / R yaitu Arus = Tegangan / Hambatan. Jadi semakin tinggi nilai hambatan listrik maka nilai arus listrik akan semakin kecil.

Jadi jawaban D. Hambatan Listrik Salah !!!

Posting Komentar untuk "Jumlah muatan yang mengalir persatuan waktu dinamakan"