Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arus listrik bisa mengalir pada bahan

Arus listrik bisa mengalir pada bahan

Arus listrik bisa mengalir pada bahan Konduktor.

A. Isolator

B. Konduktor

C. Kapasitor

D. Resistor

Jawaban : B. Konduktor


Konduktor merupakan suatu bahan yang dapat dengan mudah mengalirkan arus listrik dan suhu panas. Oleh karena itu konduktor ini dibagi menjadi dua jenis yaitu konduktor listrik dan konduktor panas.

Konduktor
Konduktor listrik merupakan suatu bahan yang bisa dengan mudah menghantarkan arus listrik seperti contohnya adalah tembaga yang paling sering digunakan sebagai bahan kabel listrik.

Sementara itu konduktor panas merupakan suatu bahan yang dengan mudah menghantarkan panas seperti panci yang berbahan alumunium, dan lain lain.

Pembahasan Jawaban :

A. Isolator

Isolator adalah lawan dari konduktor, yaitu isolator merupakan suatu bahan yang tidak bisa menghantarkan listrik dan panas. Contoh dari isolator adalah bungkus kabel yang terbuat dari bahan plastik dan karet.

isolator
Terlihat pada gambar bahwa isolator kabel dari gambar diatas menggunakan bahan PVC. Isolator pada kabel ini digunakan agar ketika manusia menyentuh kabel tersebut maka tidak tersetrum atau tersengat listrik.
Jadi jawaban A. Isolator adalah Salah !!

B. Konduktor
Seperti dijelaskan diatas bahwa induktor ini merupakan suatu bahan yang dengan mudah menghantarkan listrik dan panas. Oleh karena itu jawaban B. Konduktor adalah Benar !!!

C. Kapasitor
kapasitor
Kapasitor merupakan suatu komponen elektronika yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik dalam jumlah tertentu. Satuan kapasitor adalah Farad (F) yang menunjukkan seberapa banyak muatan listrik yang dapat disimpan oleh kapasitor.
Jadi berdasarkan penjelasan tersebut jawaban C. Kapasitor SALAH !!

D. Resistor
Resistor juga merupakan suatu komponen elektronika yang digunakan untuk mengurangi nilai arus listrik sebagaimana rumus I = V / R atau Arus listrik = Tegangan / Resistansi.
resistor
Resistor ini memiliki satuan Ohm yang digunakan untuk menunjukkan seberapa besar nilai resistansi yang dimilikinya. Berdasarkan penjelasan tersebut jawaban D. Resistor adalah Salah !!!

Posting Komentar untuk "Arus listrik bisa mengalir pada bahan"