Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Lengkap Hubungan Pendek Arus Listrik

Hubungan Pendek adalah suatu fenomena kelistrikan dimana terjadi lonjakan arus yang sangat besar yang disebabkan karena terhubungnya fasa dan netral.

Hubung Singkat

Hubungan Pendek atau Hubung Singkat atau Short Circuit ini terjadi karena aliran listrik pada kabel Fasa dan kabel netral yang terhubung satu sama lain. Hal tersebut membuat lonjakan arus yang sangat dahsyat seperti gambar diatas.

Mengatasi Hubung Singkat

Jadi seperti kita ketahui pada suatu instalasi listrik terdapat aliran kabel fasa (positif) dan kabel netral (negatif) yang tidak boleh terhubung satu sama lain. Apabila dua aliran listrik tersebut terhubung maka dapat mengakibatkan lonjakan arus yang luar biasa besar sehingga dapat menyebabkan percikan api.

Percikan Api

Percikan api ini apabila dibiarkan maka dapat mengakibatkan suatu ledakan pada peralatan elektronik atau bahkan dapat menyababkan kebakaran pada suatu rumah dan gedung.


Apa Saja Penyebab Hubungan Pendek Arus Listrik ini ?

Hubung singkat ini mempunyai beberapa penyebab diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Terkelupasnya Kebel Listrik

Terkelupasnya Kebel Listrik
Terkelupasnya kabel listrik ini dapat diakibatkan karena beberapa faktor seperti gigitan tikus, kabel yang sudah terlalu tua dan lain lain. Apabila kabel listrik terkelupas maka dapat mengakibatkan terhubungnya kabel fasa dan netral yang dapat mengakibatkan hubungan pendek arus listrik.

2. Rusaknya Peralatan Elektronik

Rusaknya Peralatan Elektronik
Kerusakan pada peralatan elektronik rumah seperti TV, Kulkas dan lain lain dapat disebabkan karena terhubungnya kabel fasa dan netral atau biasa disebut sebagai korsleting listrik.

3. Teknisi Yang Teledor Dalam Memasang Instalasi Listrik

Teknisi Teledor
Keteledoran dan kecerobohan teknisi dalam memasang instalasi listrik dapat menyebabkan hubung pendek pada instalasi listrik. Misalnya ketika sambungan kabel listrik tertukar antara fasa dengan netral maka akan terjadi hubung singkat yang mengakibatkan lonjakan arus listrik.

4. Kegagalan Isolasi Pada Kabel

Kegagalan Isolasi
Pada dasarnya kabel listrik ini mempunyai dua bagian utama yaitu konduktor yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik dan isolator yang digunakan untuk melindungi bagian tertentu agar tidak bisa dialiri arus listrik.

Ketika isolator pada kabel mengalami kegagalan maka aliran listrik pada kabel fasa dan netral akan terhubung satu sama lain dan menyababkan hubung pendek / korsleting.

Akibat Hubungan Pendek Pada Instalasi Listrik

1. Kerusakan Pada Peralatan Elektronik

Rusaknya Peralatan Elektronik

Seperti dijelaskan diatas bahwa ketika terjadi hubungan pendek arus listrik maka terjadi lonjakan arus yang sangat besar. Lonjakan arus ini tentu sangat merusak peralatan elektronik yang terpasang pada instalasi listrik seperti TV, Kulkas, AC dan lain lain.

 

2. Kebakaran Rumah dan Gedung

Percikan Api

Seperti dijelaskan diatas bahwa hubungan pendek arus listrik ini dapat mengakibatkan percikan api pada peralatan elektronik. Percikan api ini dapat memicu kebakaran apabila terdapat bahan yang mudah terbakar pada rumah. Maka dari itu hubung singkat ini sangat berbahaya pada instalasi listrik.


Mengatasi Hubungan Pendek Arus Listrik

Cara yang digunakan pada instalasi listrik rumah dan gedung untuk mengatasi hubungan pendek arus listrik ini dengan memasang alat pengaman misalnya MCB (Miniature Circuit Breaker).

Mengatasi Hubung Singkat
Terlihat pada gambar diatas bahwa terdapat MCB yang digunakan untuk mengamankan instalasi listrik rumah diatas. MCB atau Miniature Circuit Breaker adalah suatu alat pengaman instalasi listrik yang digunakan untuk memutus aliran listrik ketika terjadi hubungan pendek pada arus listrik.
MCB
Terlihat pada gambar bahwa cara kerja dari MCB ini sangat mudah untuk dipahami yaitu :
  1. Terdapat satu komponen pada MCB yang sangat peka terhadap suhu yaitu bahan bimetal
  2. Bahan bimetal ini akan melengkung ketika ada pada suhu panas
  3. Jadi pada saat terjadi hubungan pendek arus listrik maka terjadi lonjakan arus yang sangat besar
  4. Lonjakan arus ini mengakibatkan kabel listrik mengeluarkan suhu panas
  5. Suhu panas ini membuat bahan bimetal melengkung sehingga mendorong kontak saklar
  6. Saat Didorong Kontak Saklar menjadi terbuka dan tidak mengalirkan arus listrik
  7. Hal tersebut membuat listrik padam karena MCB memutus aliran listrik



Posting Komentar untuk "Pembahasan Lengkap Hubungan Pendek Arus Listrik"