Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Lengkap Starter Motor

Starter Motor adalah sebuah alat pada kendaraan bermotor yang digunakan sebagai pemutar mesin kendaraan untuk pertama kalinya.

Starter Motor

Jadi ketika tombol stater ditekan dan motor mulai di gas maka Starter Motor ini akan mulai berputar dan memutar mesin untuk pertama kalinya. Putaran mesin ini membuat mesin / engine menyala sehingga dapat melakukan proses pembakaran di ruang bakar.


Fungsi Starter Motor

Seperti dijelaskan diatas bahwa Starter Motor ini berfungsi untuk memutar engine / mesin kendaraan untuk pertama kalinya. Ketika mesin mulai berputar itu artinya keseluruhan sistem pada kendaraan bermotor menyala dan mesin dapat mulai melakukan proses pembakaran bahan bakar bensin.

Fungsi Motor Starter
Seperti kita ketahui bahwa proses pembakaran bahan bakar bensin ini yang memutar mesin kendaraan bermotor. Ketika mesin berputar maka roda pada kendaraan juga akan berputar sehingga kendaraan dapat jalan.


Rangkaian Starter Motor

Rangkaian Starter Motor
Rangkaian diatas merupakan contoh dari rangkaian Starter Motor pada kendaraan dimana mempunyai beberapa komponen :
  1. Sekring, merupakan komponen yang digunakan sebagai pengaman rangkaian. Sekering ini akan memutus aliran listrik ketika terjadi short circuit atau korsleting pada rangkaian Starter motor.
  2. Kunci Kontak, digunakan sebagai saklar pada rangkaian Starter Motor. Terlihat pada gambar bahwa kunci kontak ini terhubung pada relay.
  3. Tombol Starter, juga digunakan sebagai saklar yang menghubungkan relay ke ground dan aliran listrik netral / negatif.
  4. Relay, merupakan saklar elektromagnetik yang digunakan untuk memutus dan menghubungkan aliran listrik ke Motor Starter.
  5. Baterai Aki, merupakan sumber listrik rangkaian motor starter.
  6. Motor Starter, digunakan sebagai pemutar engine / mesin

Cara Kerja Starter Motor

Pada dasarnya cara kerja dari Starter Motor ini sangat mudah untuk dipahami yaitu terdapat beberapa langkah untuk menghidupkan starter motor yaitu sbb :

1. Posisi Awal Rangkaian Motor Starter 

Cara Kerja Rangkaian Starter Motor

Pada posisi awal ini kunci kontak masih belum dimasukkan dan diputar, kemudian tombol starter juga masih belum ditekan. Hal tersebut membuat Motor Starter masih dalam keadaan mati karena tidak ada aliran listrik ke Motor Starter.


2. Ketika Kunci Motor Dimasukkan dan Diputar

Cara Kerja Starter Motor
Terlihat pada gambar bahwa ketika kunci motor dimasukkan dan diputar maka posisi saklar pada "kunci kontak" menjadi berubah dimana mengalirkan arus listrik ke Relay.

Akan tetapi relay masih belum dialiri oleh arus listrik netral / negatif sehingga relay masih belum aktif. Hal tersebut membuat posisi saklar relay menjadi terbuka dan tidak mengalirkan arus listrik ke Motor Starter.

3. Ketika Tombol Starter Ditekan dan Gas digeber

Prinsip Kerja Starter Motor
Gambar rangkaian diatas menggambarkan kondisi terakhir yaitu : Ketika Kunci Motor Dimasukkan dan Diputar & Tombol Starter Ditekan dan Gas digeber.
Maka yang terjadi adalah : 
  1. Kunci Kontak Menjadi saklar tertutup dan mengalirkan arus listrik fasa / positif ke relay.
  2. Tombol Starter menjadi saklar tertutup dan mengalirkan arus listrik netral / negatif ke relay.
  3. Hal tersebut membuat aliran listrik fasa dan netral mengalir ke relay dan hal tersebut membuat relay aktif dan menjadi saklar tertutup dimana mengalirkan arus listrik ke Motor Starter.
  4. Akibatnya adalah Motor Starter menyala dan mulai berputar sehingga membuat engine berputar dan menyala.


Penyebab Kendaraan Motor / Mobil Susah di Starter

Kendaraan Bermotor yang susah distarter ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor seperti :

1. Aki Yang Mengalami Kerusakan

Terlihat pada rangkaian diatas bahwa Aki menjadi sumber energi listrik utama pada rangkaian starter. Jadi ketika Aki / Accu mengalami kerusakan maka tentu saja rangkaian starter tidak akan berfungsi.

2. Motor Starter / Dinamo Starter Mengalami Kerusakan

Seperti dijelaskan diatas bahwa dinami starter ini merupakan komponen utama pada sistem stater motor dimana digunakan untuk memutar engine / mesin saat kendaraan baru dinyalakan. Jadi apabila Dinamo Starter mengalami kerusakan maka sistem starter sudah pasti tidak bisa dijalankan.

3. Rangkaian Starter Motor Yang Terputus

Apabila ada kabel pada rangkaian starter yang terputus maka dapat dipastikan bahwa sistem starter motor tidak akan berjalan.

4. Aliran Bahan Bakar Kendaraan yang mengalami gangguan.

Apabila aliran bahan bakar tidak lancar maka juga menyebabkan kendaraan bermotor menjadi susah untuk dinyalakan / distarter.

5. Busi Yang Mengalami Kerusakan.

Apabila komponen busi pada kendaraan mengalami kerusakan maka juga menyebabkan kendaraan bermotor menjadi susah untuk dinyalakan / distarter.

Posting Komentar untuk "Pembahasan Lengkap Starter Motor"