Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Lengkap Surge Arrester

Surge Arrester
Surge Arrester adalah sebuah peralatan pengaman pada instalasi listrik yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke tanah (Ground) ketika terjadi tegangan transien / lonjakan tegangan.

Tegangan transien ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti hubung singkat, korsleting dan lain lain akan tetapi umumnya tegangan transien ini disebabkan karena sambaran petir.
Terlihat pada gambar bahwa sebenarnya tegangan transien ini terjadi pada periode yang sangat singkat, akan tetapi efeknya luar biasa merusak peralatan elektronik pada instalasi rumah dan gedung.

Apa itu arrester

Arrester adalah sebuah peralatan pengaman instalasi listrik yang digunakan untuk mengalirkan listrik ke tanah / Ground ketika terjadi tegangan transien yang umumnya disebabkan karena sambaran petir seperti dijelaskan di atas.

Akan tetapi untuk lebih mengenal dan mendalami Surge Arrester atau Arrester ini lihat pada gambar dibawah ini.
Pada instalasi rumah diatas terlihat bahwa pada instalasi tsb dipasang MCB dan Surge Arrester sebagai pengaman. 

Walaupun keduanya adalah peralatan pengaman akan tetapi MCB dan Surge Arrester perbedaan yaitu :
  • Bahan atau Material Inti
    Surge Arrester terbuat dari material MOV (Metal Oxide Varistor) yang mana bahan ini sangat peka terhadap tegangan listrik.
    Jadi prinsip kerjanya adalah ketika terjadi lonjakan tegangan, maka bahan MOV pada Arrester ini akan menjadi Saklar terututup yang mengalirkan listrik ke Ground.
    Akan tetapi ketika tegangan standar yaitu 220 Volt, maka bahan MOV pada Arrester ini akan menjadi saklar terbuka dan tidak mengalirkan arus listrik ke ground


    MCB terbuat dari material bimetal yang sangat peka terhadap suhu.
    Jadi ketika terjadi hubung singkat atau beban berlebih maka aliran listrik akan mengeluarkan suhu diatas rata - rata. Karena suhu tersebut maka material bimetal pada MCB akan melengkung sehingga memutus arus listrik.


  • Kegunaan dan Fungsi
    Surge Arrester digunakan untuk mengalirkan listrik ke tahan / Ground ketika terjadi tegangan transien misalkan karena terjadi sambaran petir.

    MCB (Miniature Circuit Breaker) digunakan untuk memutus arus listrik ketika terjadi hubung singkat, korsleting dan beban berlebih.

Fungsi Surge Arrester

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan fungsi dari Surge Arrester adalah :
  • Surge Arrester ini digunakan untuk mengalirkan listrik ke tanah / Ground ketika terjadi tegangan transien.
  • Tegangan transien ini merupakan lonjakan tegangan yang bisa disebabkan karena hubung singkat, beban berlebih, korsleting, dan sambaran petir.
  • Dengan menggunakan Arrester ini maka peralatan listrik pada instalasi rumah dan gedung akan lebih aman dari kerusakan.

Posting Komentar untuk "Pembahasan Lengkap Surge Arrester"