Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Lengkap Surge Arrester

Surge Arrester
Surge Arrester adalah sebuah peralatan pengaman pada instalasi listrik yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke tanah (Ground) ketika terjadi tegangan transien / lonjakan tegangan.

Tegangan transien ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti hubung singkat, korsleting dan lain lain akan tetapi umumnya tegangan transien ini disebabkan karena sambaran petir.
Terlihat pada gambar bahwa sebenarnya tegangan transien ini terjadi pada periode yang sangat singkat, akan tetapi efeknya luar biasa merusak peralatan elektronik pada instalasi rumah dan gedung.

Apa itu arrester

Arrester adalah sebuah peralatan pengaman instalasi listrik yang digunakan untuk mengalirkan listrik ke tanah / Ground ketika terjadi tegangan transien yang umumnya disebabkan karena sambaran petir seperti dijelaskan di atas.

Akan tetapi untuk lebih mengenal dan mendalami Surge Arrester atau Arrester ini lihat pada gambar dibawah ini.
Pada instalasi rumah diatas terlihat bahwa pada instalasi tsb dipasang MCB dan Surge Arrester sebagai pengaman. 

Walaupun keduanya adalah peralatan pengaman akan tetapi MCB dan Surge Arrester perbedaan yaitu :
  • Bahan atau Material Inti
    Surge Arrester terbuat dari material MOV (Metal Oxide Varistor) yang mana bahan ini sangat peka terhadap tegangan listrik.
    Jadi prinsip kerjanya adalah ketika terjadi lonjakan tegangan, maka bahan MOV pada Arrester ini akan menjadi Saklar terututup yang mengalirkan listrik ke Ground.
    Akan tetapi ketika tegangan standar yaitu 220 Volt, maka bahan MOV pada Arrester ini akan menjadi saklar terbuka dan tidak mengalirkan arus listrik ke ground


    MCB terbuat dari material bimetal yang sangat peka terhadap suhu.
    Jadi ketika terjadi hubung singkat atau beban berlebih maka aliran listrik akan mengeluarkan suhu diatas rata - rata. Karena suhu tersebut maka material bimetal pada MCB akan melengkung sehingga memutus arus listrik.


  • Kegunaan dan Fungsi
    Surge Arrester digunakan untuk mengalirkan listrik ke tahan / Ground ketika terjadi tegangan transien misalkan karena terjadi sambaran petir.

    MCB (Miniature Circuit Breaker) digunakan untuk memutus arus listrik ketika terjadi hubung singkat, korsleting dan beban berlebih.

Fungsi Surge Arrester

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan fungsi dari Surge Arrester adalah :
  • Surge Arrester ini digunakan untuk mengalirkan listrik ke tanah / Ground ketika terjadi tegangan transien.
  • Tegangan transien ini merupakan lonjakan tegangan yang bisa disebabkan karena hubung singkat, beban berlebih, korsleting, dan sambaran petir.
  • Dengan menggunakan Arrester ini maka peralatan listrik pada instalasi rumah dan gedung akan lebih aman dari kerusakan.

6 komentar untuk "Pembahasan Lengkap Surge Arrester"

  1. Untuk gronding perlu kedalaman berapa meter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak boleh kurang dari 50 cm dari (permukaan tanah) dan tahanan tanah / grounding maksimal 5 Ohm... (semakin kecil nilai tahanan ohm semakin baik)....

      terimakasih sudah berkunjung......
      Semoga membantu.....

      Hapus
    2. Izin menjawab barangkali bisa menjadi masukan, berdasarkan pengalaman untuk pemasangan grounding rood idealnya 5 meter s/d 12 meter tergantung dari jenis tanah, semakin lembab kondisi tanah maka resistansi pentanahan akan semakin baik.

      Hapus
  2. Apakah surge arester hanya satu kali pemakaian , spt fuse?

    BalasHapus
  3. menentukan besaran surge arrester apakah disesuaikan dgn besar MCB pada Kwh meter atau bisa mengikuti besaran MCB pembagi?

    BalasHapus
  4. Kenapa Arrester bisa terbakar walau tanpa kena sambaran petir ? Apakah Ada tegangan Minimal pada pemasangan Arrester ? Misalkan pada pemasaangan arrester di teg 220 volt .. Apa klo terjadi penurunan tegangan berpengaruh pada Arrester?

    BalasHapus

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
..(Mengandung kata kasar dan SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......